IBU KOTA KABUPATEN PASER - TANA PASER
Menuju Paser Yang Lebik Baik “Menuju Paser Yo lebeh buen

Senin, 18 Oktober 2010

MENJAGA KONDISI BADAN TETAP FITS

Kesehatan merupakan hal yang sangat perlu kita perhatikan. Baik kesehatan rohani maupun jasmani kita. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kita adalah dengan cara menjaga tubuh agar selalu fit dan sehat dalam kondisi apapun. Nah, menjaga tubuh untuk selalu fit memang merupakan kewajiban setiap orang tanpa kecuali, karena tubuh yang fit sangat diperlukan untuk dapat menjalani aktivitas di hari-hari yang ada.
Menjaga tubuh agar tetap fit sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan cara berolahraga yang teratur dan juga menjaga kesehatan Anda sehari-hari, seperti tidak sering mengkonsumsi minuman keras, dan juga menjaga kebugaran dengan cara tidak mengganti waktu tidur malam dengan pesta yang berlebihan sampai pagi hari.
Menurut Albert M. Hutapea, MPH dalam bukunya Menuju Gaya Hidup Sehat (1996) karakteristik serat banyak menguntungkan kita. Serat mampu menyerap air sampai enam kali volumenya sehingga membentuk gumpalan yang menyerupai busa dalam lambung dan usus. Makanan kaya serat lebih cepat membuat kita merasa kenyang sehingga dapat mencegah kegemukan. “Serat merangsang gerak peristaltik usus sehingga makanan dalam usus akan lebih cepat berjalan dan memudahkan feces keluar secara teratur,” ungkap Dr. Leane lebih lanjut.
Penyerapan makan lebih cepat dan masa kontrak zat karsiogen yang mungkin ada dalam makanan semakin pendek. “Itulah sebabnya dikatakan bahwa serat bisa mencegah kanker di usus kolesterol tinggi dan gula,” kata Dr. Rachmad. Ia menjelaskan bahwa susu juga diperlukan jika tubuh memang membutuhkan tambahan seperti ibu hamil, setelah sakit dan masa pertumbuhan. Susu sebagai penyempurna mengandung protein hewani dan air.
Dengan mengetahui peran dalam tubuh bila tidak  makan sayur yang mengatur proses dalam tubuh tidak ada. Kalau kurang protein jika ada jaringan rusak tidak bisa diperbaiki. “Makan lemak terlalu banyak ada organ tubuh bekerja lebih berat yaitu liver. Kalau organ tubuh tidak berfungsi normal akhirnya stamina pun menjadi tidak baik,” ujar Dr. Leane. Setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda. Ada beberapa faktor  yang mempengaruhi banyaknya kebutuhan zat gizi. Faktor tersebut terdiri umur, jenis kelamin, pekerjaan, tinggi dan berat badan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah yang bermanfaat bagi Website ini !

Page Rank

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service