IBU KOTA KABUPATEN PASER - TANA PASER
Menuju Paser Yang Lebik Baik “Menuju Paser Yo lebeh buen

Sabtu, 16 Oktober 2010

ASAL MULA OUTBOND


Outbond dikenal sebagai kegiatan outdoor yang menyenangkan, karena didalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, team building dan rasa percaya diri pada peserta.
Asal-asul outbond sendiri, berawal dari program pelatihan anak buah kapal salah satu pelayaran di Inggris. Pelatihan dilakukan tidak hanya di laut tetapi juga di darat yang berupa petualangan di alam, selama 26 hari.

Istilah awal yang diberikan untuk pelatihan tersebut adalah “County Badge”. Kemudian berubah menjadi Outward Bound. Istilah Outward bound inilah yang kemudian terus dipakai sampai hari ini. Istilah Outward Bound sendiri sudah dipatenkan oleh, sehingga tidak semua orang boleh menggunakan istilah tersebut. Mungkin karena istilah Outward Bound sudah dipatenkan banyak orang kemudian menggunakan istilah 'outbound'.

Bagi anda para pencinta alam yang ingin melaksanakan kegiatan outbond sendiri, kami menyedikan catatan konsep permainan dalam kegiatan outbond, yang telah kami laksanakan selama mengadakan kegiatan alam.
Permainan Outbond untuk merangsang Perkembangan mental dan Sosial pada remaja

QuantcastSalah satu cara untuk membangun Team bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan Team Building Outbound. Dari Team Building ini, kita bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar. Kita bisa melakukan ‘refreshing’, melakukan hal-hal diluar rutinintas, bisa lebih mengenal anggota team dalam situasi yang berbeda dari situasi rutinitas di pekerjaan, membangun kerja sama yang lebih baik dan komunikasi, membangun semangat motivasi, nyali/keberanian diri dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya baik buat pribadi maupun team/instansi.
Out bound tidak lain merupakan pelatihan menejemen diri yang memadukan olah pikir, rasa, dan raga. Dan diadakan dialam terbuka dan dikondisikan diluar kebiasaan. “ Seperti orang yang bekerja meningalkan kebiasaanya berada, berfikir dan berbuat. Kemudian ia menganti cara berfikir dan cara berbuat tersebut untuk mendapatkan hal- hal yang baru,”

Tujuan Pelatihan Out Bound
Tujuan utama kegiatan pelatihan ini adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme para peserta yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan traits (sifat mendasar) dari individu yang meliputi aspek trust, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Sikap dan perilaku professionalisme seperti ini.
Dan diharapkan pula kemudian, peserta menyadari bahwa apa yang dilakukan itu merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kebersamaan dengan rekan-rekannya dalam team… keberhasilan seorang individu unit kerja organisasi akan merupakan bagian keberhasilan dari organisasi perusahaan, sebaliknya, kegagalan yang terjadi karena kesalahan individu atau suatu unit organisasi akan mempengaruhi pula nilai keberhasilan secara keseluruhan. Karena itu, semboyan one for all, all for one, yang merupakan semboyan out bound Internasional selalu didengung-dengungkan dalam kegiatan oleh operator outbound atau outbound operator untuk membangun sebuah semangat kebersamaan dan kekompakan, bahkan belakangan ini dikembangkan lagi sebuah semboyan baru yang merupakan pula semboyan dunia global : ” we are one “ Kita adalah satu.
Manfaat Outbond
  • Membuka pikiran
  • Belajar dari pengalaman
  • Transfer sikap mental, ilmu, praktek dan kemampuan
  • Dilakukan di alam bebas
  • Meningkatkan ketahanan fisik dan mental
  • sarana untuk meng eksplorasi diri
  • pengembangan diri( tim kerja dan pimpinan)
  • Sarana untuk Introspeksi dan kontemplasi diri
  • proses pengenalan diri
  • mengasah kecerdasan IES dan menyelaraskan keseimbangan IES(Intelektual, emosi dan spiritual)
  • pembentukan karakter
  • Mengenal Tuhan dan Ciptaannya dengan meningkatkan ketakwaan dan keimanan
  • saran penyegaran emosi
  • Terapi trauma
  • tanggung jawab sosial
  • penyelesaian masalah individu dan perusahaan
  • keharmonisan dan kebahagiaan rumah tangga
  • dan Menjadi sukses dan bahagia.
Dari Outbound ini secara individu dituntut lebih berani/bernyali, banyak ide, kreatif, pro-aktif, bisa toleransi dan kerjasama untuk satu tujuan. Bagi yang menyukai tantangan ini akan sangat menarik dilakukan. Walau bentuk outbound-nya bisa berbeda dengan cara ini.

Misalnya Outbound ala militer. Dari awal sebuah team harus bisa menjadi Pemenang/juara di antara team-team lain. Setiap anggota team harus melewati rintangan-rintangan, mempunyai kondisi fisik yang baik, keberanian/nyali, aktif dan kreatifitas agar team tersebut menjadi kuat dalam mencapai tujuan.

Dalam persaingannya di antara team-team lain akan diadu. harus mempunyai strategi, taktik dan kerja sama sampai pada akhirnya memenangi sebuat pertempuran di medan perang/persaingan.
Taman wisata, salah satunya taman wisata matahari bisa menjadi tempat nyaman bagi Anda untuk melakukan kegiatan outbound
Tidak hanya di dalam ruang kelas namun di luar sekolah pun perkembangan anak bisa didapat. Seperti pada halnya kegiatan outbound yaitu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka yang melatih anak agar mandiri, bersosialisasi, keterampilan serta kepemimpinan.
Pelatihan Out Bound ini merupakan penyegaran jiwa bagi para peserta setelah sekian waktu bergelut dengan tugas-tugas rutinitas setiap hari. Peserta Out Bound Training akan mengalami refreshing 3 in 1, yaitu refreshing yang disertai dengan :
·         Berbagai games yang kreatif dan menyenangkan,
·         Point plus melalui debrief Value dari setiap games,
·         Motivasi dan kesatuan sebagai team.

Kebersamaan dalam program Pelatihan Out Bound ini akan memberi motivasi dan keharmonisan hubungan bagi setiap peserta, sehingga peserta akan kembali ke pekerjaan dengan suasana baru yang lebih antusias dan produktif.
Outbound Training team building ini akan menstimulasi setiap peserta dalam memiliki motivasi tinggi untuk membangun sebuah team. Peserta Outbound Training akan mendapat pemahaman bagaimana proses dan respon yang harus diambil dalam mewujudkan ‘The Dream Team’. Melalui Out Bound Training team building ini peserta akan menyadari betapa dahsyat dan luar biasa kekuatan sebuah team yang solid dan antusias! Mereka akan memahami bahwa perbedaan yang menjadi potensi bagi munculnya suatu konflik, ternyata dapat dikelola dan diubah menjadi suatu sinergi aset kekayaan tim.

TAHAPAN OUTBOND
Tahapan proses belajar di out bound mempunyai empat tahapan, dimana para peserta diajak permainan tertentu yang kita sebut experience, setelah tahap experience, mereka mendiskusikan manfaat permainan itu dalam kelompok kecil (processing), dan menyimpulkannya dari hal yang kecil ke hal- hal yang besar (generalizing), selanjutnya mereka merefleksikannya dan menerapkan pengalaman itu dalam sistem kerja kehidupan mereka.
Dengan demikian out bound memiliki ciri khas sendiri, dimana keseluruhan kegiatan diterjemahkan dalam betuk kegiatan yang lebih nyata dan factual. Di dalam berbagai kegiatan para peserta out bound akan diperkenalkan dengan berbagai jenis permainan (game). Nama permaainan dan terjemahnya, aturan permainan prinsip penilaian permainan yamg dipandu game master melalui langkah-langkah (steps) permainan, safety ataupun mengingatkan peserta mengenai keselamatan dan pemberian kesempatan kepada peserta untuk menentukan strategi serta kesempatan untuk ,mengadakan refleksi bersama yang dipimpin fasilitator segera setelah setiap game berlangsung, yang hendaknya dilaksanakan secara taat azaz dan konsekuen sesuai petunjuk dan panduan yang diberikan oleh program designer yang merangkap pula selaku koodinator kegiatan. “ Sehinga sekalipun dibentuk pola permainan tapi hasilnya bukan main,”
Selain dirasakan sangat perlu oleh orang tua mereka pilihan-pilihan aktivitas positif yang ada juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Peningkatan produktifitas anak merupakan salah satu tujuan positif dari program-program outbound.
  • Hari pertama peserta membaca aturan-aturan kegiatan dan pengenalan lokasi meliputi membangun tenda yang akan ditempati tiga anak setiap tendanya.
  • Malam hari mereka belajar memasak dengan menggunakan alat yang bernama trangia dan menggunakan bahan bakar spirtus.
  • Pada hari ke 2 berikutnya mereka juga diajarkan tentang tali-temali, pengetahuan tentang alat-alat rock climbing serta praktek langsung menuruni tebing. Pada program ini mereka bukan hanya menerima pembelajaran secara teori namun juga praktek langsung seperti halnya bagaimana menanam padi secara benar yang diajarkan langsung oleh para petani di ladang sawah yang telah disediakan.
    Cara menangkap membersihkan dan memasak ikan juga diajarkan agar dapat dimakan oleh mereka.
  • Setiap kelompok pada malam hari di haruskan untuk membuat api unggun yang diajarkan sebelumnya untuk games dan sesi sharing.
    Kegiatan-kegiatan yang jarang didapat di perkotaan seperti memeras susu sapi dan mengkonsumsi langsung susu tersebut dan juga membuat rakit yang menggunakan pengetahuan tali-temali yang diajarkan sebelumnya dapat ditemukan di program outbound seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah yang bermanfaat bagi Website ini !

Page Rank

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service